Definisi Komputer
Istilah Komputer (Computer) diambil dari bahasa latin Computare yang
berarti menghitung ( to Computer ).
Beberapa definisi tentang komputer :
1.
Menurut buku Computer Annual
(Robert H.Blissmer)
Komputer adalah suatu alat elektronika yang mampu melakukan beberapa
tugas sebagai berikut:
·
Menerima input
·
Memproses input tadi sesuai
dengan programnya
·
Menyimpan perintah-perintah dan
hasil dari pengolahan
·
Menyediakan output dalam bentuk
informasi
2.
Menurut buku Computer Today (Donald
H.Sanders) :
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat
dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima
dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah
pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di
memori (stored program).
3.
Menurut buku Computer
Organization (V.C.Hamacher, Z.G.Vranesic, S.G.Zaky)
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat
menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang
tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.
4.
Menurut buku Introduction To
The Computer, The Tool Of Business (William M.Fuori) :
Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat
melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika
yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan
selama pemrosesan.
Dari beberapa definisi yang tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer
adalah
1.
Alat elektronik
2.
Dapat menerima input data
3.
Dapat mengolah data
4.
Dapat memberikan informasi
5.
Menggunakan suatu program yang
tersimpan di memori komputer (stored program).
6.
Dapat menyimpan program dan
hasil pengolahan
7.
Bekerja secara otomatis
Program adalah kumpulan dari instruksi atau perintah terperinci yang
sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang
sudah tertentu.
PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK
Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing
(EDP) adalah pengolahan data dengan menggunakan komputer.
Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan.
Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus
atau gabungan darinya.
Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi dari data ke
dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti berupa informasi.
Informasi (information) adalah hasil dari kegiatan pengolahan data
yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.
Jadi PDE atau EDP adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang
lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik
yaitu komputer.
SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Suatu proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar yang
disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle), yaitu input,
processing dan output.
SISTEM KOMPUTER
Sistem adalah jaringan daripada elemen-elemen yang saling
berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari
sistem tersebut.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk
menghasilkan informasi, supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada
elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari sistem komputer adalah
software, hardware dan brainware.
Hardware (perangkat keras/piranti keras) adalah peralatan di sistem
komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
Software (perangkat lunak/piranti lunak) adalah program yang berisi
perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta
mengatur sistem komputer.
KEMAMPUAN KOMPUTER
Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya.
Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan
pertambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam satuan
millisecond, microsecond, nanosecond atau picosecond.
Kemampuan komputer lain yang menakjubkan adalah ketepatannya. Kalau
manusia lelah, maka mentalnya akan luluh yang akan berakibat kecenderungan
untuk melakukan kesalahan. Sebaliknya karena komputer tidak mempunyai mental
dan tidak mengenal lelah maka komputer tidak akan mengalami kesalahan.
Komputer akan mengalami kesalahan, bilamana
1.
komponennya rusak
2.
Data yang dimasukkan salah,
maka hasilnya akan salah.
Suatu istilah komputer yang cukup populer, yaitu GIGO (Garbage In
Garbage Out) yang berarti sampah yang masuk, sampah pula yang keluar. Jadi
kalau data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah. Sebaliknya bila
data yang dimasukkan benar, maka hasilnya akan benar (Gold In Gold Out), emas
yang masuk, emas pula yang keluar.
Disamping komputer yang mempunyai kemampuan untuk beroperasi dengan
cepat dan tepat, juga mempunyai kemampuan yang lain, yaitu mempunyai ingatan
(memori) yang besar.
PERBANDINGAN KEMAMPUAN
MANUSIA DENGAN KOMPUTER
Hal yang dibandingkan
|
Manusia
|
Komputer
|
Kecepatan
|
Relatif lambat
|
Sangat cepat
|
Ketepatan
|
Mudah salah
|
Tepat
|
Daya tahan memproses
|
Cepat lelah
|
Tidak kenal lelah
|
Kemampuan mengingat
|
Kurang akurat
|
Akurat
|
Kemampuan mengikuti perintah
|
Kurang baik
|
Baik
|
Kemampuan berinisiatif dan beradaptasi
|
Sangat baik
|
Jelek
|
Kemampuan membuat pertimbangan dan peramalan
|
Sangat baik
|
Jelek
|
CARA MENGUASAI KOMPUTER
Ada 3 tahapan seseorang dapat menguasai dan menggunakan komputer dengan
baik dan berhasil, yaitu :
1.
Membaca buku-buku komputer.
Membaca adalah cara yang terbaik supaya anda dapat meningkatkan
pengetahuan dan memahami dunia komputer. Anda dapat membaca buku-buku teks
tentang komputer.
2.
Mencoba langsung pada suatu komputer.
Dengan mencoba langsung pada suatu komputer, anda akan mempunyai
pengalaman dan lebih tahu tentang apakah komputer itu sesungguhnya.
3.
Menulis Suatu program komputer
Setelah anda membaca buku-buku tentang komputer dan telah mencobanya
langsung sehingga sudah terbiasa dengan komputer, maka anda akan lebih tertarik
ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu ingin menulis suatu program aplikasi
sendiri.
SEJARAH
KOMPUTER
1.
Komputer Generasi Pertama
(1946-1959)
Ciri-ciri Sebagai berikut :
·
Komponen yang digunakan adalah
tabung hampa udara (vacumm Tube) untuk sirkuitnya.
·
Program hanya dapat dibuat
dengan bahasa mesin (machine language)
·
Menggunakan simpanan luar
magnetic tape dan magnetic disk
·
Ukuran fisik komputer besar,
memerlukan ruangan yang luas
·
Cepat panas, sehingga
diperlukan alat pendingin
·
Prosesnya kurang cepat
·
Simpanannya kecil
·
Membutuhkan daya listrik yang
besar
·
Orientasinya terutama pada
aplikasi bisnis
Contoh :
·
IBM – 650
2.
Komputer Generasi Kedua (1959 –
1964)
Ciri-ciri sebagai berikut :
·
Komponen yang digunakan adalah
transistor untuk sirkuitnya
·
Program dibuat dengan bahasa
tingkat tinggi (High Level Language)
·
Menggunakan simpanan luar
magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack
·
Ukuran fisik komputer lebih
kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama
·
Proses operasi sudah cepat,
dapat memproses jutaan operasi per-detik
·
Membutuhkan lebih sedikit daya
listrik
·
Oriesntasinya tidak hanya pada
aplikasi bisnis, tetapi juga ke aplikasi teknis
Contoh :
·
IBM – 1620
·
IBM – 1401
3.
Komputer Generasi Ketiga (1964
– 1970)
Ciri-ciri sebagai berikut :
·
Komponen yang digunakan adalah
IC (Integrated Circuit)
·
Peningkatan dari softwarenya
·
Lebih cepat dan lebih cepat
·
Kapasitas memori komputer lebih
besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter
·
Menggunakan penyimpan luar yang
sifatnya random access
·
Penggunaan listrik lebih hemat
dibandingkan komputer generasi sebelumnya
·
Memungkinkan untuk melakukan
multiprocessing dan multiprogramming
·
Harga semakin murah dibandingkan
dengan komputer generasi sebelumnya
·
Kemampuan melakukan komunikasi
data dari satu komputer dengan komputer lainnya, misalnya lewat alat komunikasi
telepon
Contoh :
·
IBM – S/370
·
UNIVAC 1106
4.
Komputer Generasi Keempat (1970
– 1980)
Ciri-ciri sebagai berikut :
·
Komponen yang digunakan adalah
CHIP dan Microprosesor.
·
Semua kemampuan lebih baik dari
generasi sebelum-sebelumnya.
Contoh :
·
IBM – 370
5.
Komputer Generasi Kelima (1980
– sekarang)
Cirinya adalah komputer sistem window dan menggunakan mouse pada
personal computer (PC).
PENGOLAHAN
DATA DENGAN KOMPUTER
PENGERTIAN DATA DAN
INFORMASI
Kegiatan pengolahan data sudah dimulai sejak dahulu sejalan dengan
perkembangan sistem catat mencatat, yaitu disaat kegiatan manusia sudah semakin
banyak sehingga sukar bagi manusia untuk mengingatnya. Kegiatan catat mencatat
ini dilakukan diberbagai bidang pekerjaan baik oleh perorangan, perusahaan atau
pemerintahan. Dengan semakin bertambahnya jumlah dan arti Data bagi manusia
maka mereka berusaha untuk membuat alat yang dapat menggantikan manusia dalam
hal catat-mencatat atau administrasi ini.
Hal ini terjawab oleh kemajuan teknologi manusia dengan
diciptakannya KOMPUTER sebagai alat pengganti tersebut. Kegiatan catat-mencatat
inilah yang sekarang disebut orang dengan istilah DATA PROCESSING. Pada saat
ini kegiatan Data Processing ini sudah makin luas, baik dalam kegiatan yang
berorientasi kepada ilmu pengetahuan, komersil/bisnis maupun kegiatan
pemerintahan, sehingga data yang diolahpun akan bermacam-macam jenisnya sesuai
dengan bidang pekerjaan tersebut. Data yang diolah di sini bisa berupa dokumen,
surat, kata,
bagan, grafik, kondisi, situasi, ide, objek dll yang bisa kita tata. Jadi data tersebut bisa berupa kartu pegawai,
daftar mahasiswa, daftar persediaan barang, catatan pemakai listrik, daftar
penjualan barang, absensi murid dan lain sebagainya.
Dari keterangan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa data tersebut
merupakan bahan yang akan diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berguna dan
lebih mempunyai arti. Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data atau
hasil proses dari data tersebut.
Setelah dilakukan pengolahan, maka sifat data akan berubah sehingga
bertambah kegunaannya yang dapat dipakai untuk suatu tujuan tertentu atau untuk
analisis dan pengambilan keputusan. Biasanya informasi terdiri dari “Selected
Data” yaitu data yang terpilih, tergabung dan disusun sesuai dengan kebutuhan
dari pemakai data, masalah waktu, tempat dan fungsinya.
Proses perubahan dari data menjadi informasi merupakan fungsi utama
dari pengolahan data.
PENGOLAHAN DATA DENGAN
KOMPUTER
Komputer adalah mesin pengolah data yang diciptakan manusia dengan
tujuan memberikan jalan untuk mempertinggi produktivitas.
Produktivitas dapat ditingkatkan dalam pengertian :
1.
Dengan mempergunakan komputer
kesanggupan mengolah data atau memecahkan masalah akan lebih besar dengan mutu
yang lebih baik.
2.
Dengan mempergunakan komputer
sebagai pengolah data atau pemecahan suatu masalah dapat lebih cepat
terselesaikan
3.
Dengan mempergunakan komputer,
pengolahan data atau pemecahan masalah dapat dilaksanakan lebih teliti dan
lebih efektif.
Jika ditinjau dari segi fungsionil, komputer itu bisa kita anggap
sebagai pelaksana tugas, agar pekerjaan bisa diselesaikan secara baik dan
effisien, maka pengolah data harus ada paling sedikit 3 persyaratan :
1.
Kumpulan data atau INPUT yang
akan diolah.
2.
Prosedur pengolahan atau
prosessing yang telah direncanakan.
3.
Hasil atau OUTPUT yang
diinginkan dan akan dipergunakan untuk melakukan tindakan-tindakan selanjutnya.
Mesin komputer sebagai pelaksana tugas tidak jauh berbeda dengan
manusia yang juga sebagai pelaksana tugas.
Marilah kita tinjau pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh manusia
dan pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh komputer.
1.
PROBLEMA DAN DATA
Proses pelaksanaan tugas baru timbul, jika ada tugas atau ada
persoalan yang dikerjakan atau dipecahkan. Untuk pemecahan masalah tersebut
haruslah tersedia datanya.
2.
INSTRUKSI ATAU PROGRAM
Bagaimana pemecahan persoalan, hendak diapakan data tersebut harus
dijelaskan pada pelaksanaan tugas. Dengan perkataan lain harus ada instruksi
yang menegaskan tentang hendak diapakan data tersebut, dan bagaimana
pelaksanaan tugas pemecahan problemanya supaya diperoleh hasil yang diinginkan.
Jika si pelaksana tugas tersebut adalah komputer, maka instruksi
tersebut harus kita susun menjadi suatu PROGRAM yang disebut dalam suatu bahasa
yang dapat diterjemahkan oleh Kompilator ke dalam bahasa mesin sehingga
komputer dapat mengerti.
3.
BAHASA PEMROGRAMAN (PROGRAMMING
LANGUAGE)
Dalam memberikan instruksi ini haruslah disampaikan dalam suatu
bahasa. Untuk manusia sebagai pelaksana tugas, instruksi tersebut bisa kita
sampaikan dengan lisan atau dengan suatu tulisan yang bisa dimengerti oleh
pelaksana tugas tersebut.Komputer sebagai pelaksana tugas dapat menerima
instruksi dengan bahasa yang dapat dimengerti olehnya.
4.
ALAT PERANTARA ATAU INPUT MEDIA
Instruksi yang sudah dinyatakan dalam bahasa tersebut diatas,
haruslah disampaikan kepada pelaksana tugas melalui alat perantara (media).
Alat perantara untuk menyampaikan instruksi tersebut kepada pelaksana tugas
inilah yang dimaksud dengan MEDIA. Jika instruksi kita tuliskan pada kertas,
maka kertas tersebut kita sebut sebagai input.
5.
PENTERJEMAH ATAU KOMPILATOR (COMPILER)
Instruksi yang telah dinyatakan dalam bahasa dan disampaikan melalui
media input tersebut haruslah dimengerti oleh pelaksana tugas. Jika instruksi
tersebut tidak dimengerti oleh pelaksana tugas, haruslah dicarikan
penterjemahnya. Dalam bahasa komputer penterjemah ini disebut Kompilator.
Dengan adanya kompilator inilah komputer bisa mengerti akan instruksi yang kita
berikan padanya.
6.
LOGIKA & ARITMATIKA
Dalam memecahkan suatu problema atau masalah, maka perlu dicarikan
cara dan bagaimana jalan yang terbaik agar masalah tersebut bisa terselesaikan.
Dalam pemecahan masalah ini biasanya diperlukan suatu logika (logic) dan suatu
perhitungan-perhitungan (arithmatic) yang diperlukan.
7.
DAYA INGAT (MEMORY)
Logika dan perhitungan aritmatika tersebut baru dapat dimanfaatkan
dalam pemecahan masalah jika disertai dengan INGATAN yang kuat. Cara berfikir
yang logis dan daya ingat yang kuat sangat membantu dan mempermudah dalam
penyelesaian suatu tugas. Dalam bahasa komputer daya ingat ini kita sebut
MEMORI dari komputer tersebut.
8.
PENGALAMAN/LIBRARY
Berhasil atau tidaknya pelaksanaan tugas biasanya tergantung dari
pengalaman yang dimiliki. Pengalaman yang banyak sangat berguna dalam
penyelesaian tugas-tugas tersebut. Dalam komputer, pengalaman tersebut
dinamakan LIBRARY PROGRAM. Bagi manusia sebagai pelaksana tugas, kesanggupan
otak ini sangat terbatas, tetapi manusia dapat memanfaatkan buku-buku yang
berisikan teori yang berguna dan bermanfaat. Begitu juga dengan komputer
Library program yang besar, sangat membantu kesanggupannya dalam memecahkan
masalah.
9.
MEDIA OUTPUT SERTA HASIL
PEMROSESAN
Hasil yang diperoleh tergantung dari data yang tersedia untuk
diolah. Prinsip “GARBAGE IN GARBAGE OUT” berlaku, yaitu jika data yang diolah
tidak sempurna atau salah, maka hasil yang diperoleh juga tidak akan baik.
Jenis dan bentuk dari hasil ini tergantung dari keinginan si pemakai (user).
Untuk penyampaian hasil ini kepada si pemakai maka diperlukan suatu alat
perantara yaitu OUTPUT MEDIA. Output media dalam komputer bisa berupa : kertas
printer.
10.
KEMAMPUAN MENGKOORDINASI DAN
SISTEM OPERASI
Seperti kita ketahui bahwa kita sebagai unit pelaksana tugas,
tidaklah bisa mengerjakan seluruh tugas tersebut dengan sendiri-sendiri.
Biasanya pekerjaan tugas tersebut terbagi-bagi dengan unit lain yang
berhubungan satu dengan lainnya. Jika kita tidak bisa mengkoordinasikan seluruh
unit ini dengan baik, maka kita tidak bisa mengharapkan suatu hasil yang baik
pula. Jadi dalam pelaksanaan tugas tersebut atau tidaknya kita dalam pemecahan
suatu masalah adalah tergantung dari kemampuan kita dalam mengkoordinasikan
baik petugas pelaksana, peralatan serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan
pelaksanaan tersebut. Pada komputer kemampuan untuk mengkoordinasikan ini kita
sebut dengan OPERATING SYSTEM.
Operating system inilah yang akan mengkoordinasikan seluruh
peralatan atau device yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari suatu sistem
komputer.
CARA KERJA DARI SUATU
SISTEM KOMPUTER
Suatu sistem komputer adalah merupakan gabungan dari beberapa
peralatan komputer yang saling berhubungan dan terkoordinasikan oleh suatu
sistem operasi. Sistem komputer bekerja sesuai dengan instruksi-instruksi yang
diberikan padanya melalui Bahasa Pemrograman yang dikenalnya. Dalam suatu
sistem komputer terdapat bagian/peralatan untuk menerima dan memasukkan data
dan instruksi. Alat ini kita sebut INPUT DEVICE. Data yang dimasukkan melalui
input device ini akan ditampung dalam suatu peralatan komputer yang disebut
memory atau storage. Data yang telah berada dalam storage akan dimasukkan oleh
suatu bagian komputer yang kita sebut CPU (Central Processing Unit). CPU ini
terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logical Unit.
Proses data serta perhitungan-perhitungan dilakukan oleh arithmatic
logical unit sesuai dengan instruksi yang kita berikan dalam bahasa
pemrograman. Setelah proses dan perhitungan dilakukan, maka selanjutnya akan
dikeluarkan melalui OUTPUT DEVICE.
MENGENAL
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) KOMPUTER
Sebagaimana kita ketahui bahwa komputer adalah serangkaian peralatan
elektronika yang bergabung/terpadu dan bekerja secara bermacam-macam serta
terkoordinasi oleh suatu sistem operasi.
Seperangkat alat-alat elektronika ini adalah berupa
mesin-mesin/komponen-komponen yang secara lahiriah ada dan bisa dilihat,
peralatan-peralatan/komponen-komponen inilah yang kita sebut dengan ‘COMPUTER
HEARD-WERE’.
Pada umumnya suatu kesatuan peralatan komputer haruslah terdiri
minimal oleh 4 komponen yaitu :
·
Input device
·
Storage Unit
·
CPU (Central Processing Unit)
·
Output device
Akhir-akhir ini kemajuan teknologi yang terus berkembang dan
kebutuhan orang akan informasi juga bertambah terutama dalam hal kecepatan
penyampaian informasi maka diperlukan suatu alat/komponen lain yang bisa
menyampaikan data/informasi ke dan dari komputer kepada si pemohon secara cepat
pula.
Alat ini kita sebut dengan CCU (Communication Control Unit) yaitu
suatu peralatan yang berfungsi untuk memudahkan/memancarkan sinyal-sinyal
data/perintah dari suatu tempat ke tempat lain atau dari suatu komputer ke
komputer lain dengan jarak yang jauh sekali.
Dengan adanya alat ini maka umumnya komputer-komputer sekarang
inipun selalu melengkapi alat ini sebagai sesatuan sistem komputernya.
Jadi komponen yang membentuk suatu sistem komputer sekarang inipun
menjadi 5 komponen yaitu :
·
Input Device
·
Storage Unit
·
CPU
·
Output device
·
CCU (Communication Control
Unit)
KONFIGURASI SISTEM
KOMPUTER
Seperti telah disebutkan diatas, ke 5 komponen atau peralatan itulah
yang merupakan konfigurasi dari sistem komputer.
Konfigurasi sistem komputer tersebut kita bisa gambarkan sebagai
berikut :
KETERANGAN
Data/perintah akan masuk melalui peralatan input (input device).
Data/perintah tersebut bisa dimasukkan langsung ke peralatan input ataupun
melalui CCU. Data/perintah itu kemudian dimasukkan ke dalam memori (tempat
penyimpanan) kemudian dari sini data tersebut akan dikirim ke CPU untuk diolah
dan hasil pengolah CPU ini akan dibawa lagi ke memori. Dari memori hasil-hasil
pengolahan CPU ini bisa dikeluarkan sebagai output/hasil melalui media output
(Output Device) atau disimpan saja di memori untuk digunakan dalam proses
selanjutnya.
Seluruh kegiatan pemindahan data, perhitungan-perhitungan dan
lain-lain pekerjaan yang dilakukan oleh komponen/device-device komputer
tersebut akan dikontrol oleh suatu alat yang kita sebut dengan Control Unit.
INPUT & OUTPUT DEVICE
Input Device adalah suatu bagian/komponen dari sistem komputer yang
berfungsi untuk tempat kita memasukkan data maupun instruksi-instruksi kepada
komputer.
Data maupun instruksi yang kita masukkan ke dalam komputer adalah
data/instruksi yang masih dalam bahasa ataupun kode-kode, sedangkan mesin
komputer hanya mengenal data/instruksi tersebut jika sudah dalam bentuk
kode-kode binar (bit), jadi agar komputer bisa mengenal
data/instruksi-instruksi tersebut, alat inilah yang akan melakukan
terjemahan/konversinya.
Alat-alat Input (Input Device) ini antara lain adalah
·
Card Reader
·
Magnetic Ink Character Reader
(M.I.C.R)
·
Optical Character Reader
(O.C.R)
Output Device adalah suatu komponen dari sistem komputer yang
berfungsi untuk tempat mengeluarkan hasil-hasil pengolahan yang telah dilakukan
oleh komputer.
Semula hasil pengolahan komputer ini juga merupakan kode/simbol yang
masih dalam bentuk kode binar (bit), maka agar kita sebagai pemakai komputer
bisa membacanya, simbol binar itu harus dikonversikan lagi ke dalam bentuk
bahasa yang kita kenal. Output device inilah yang berfungsi melakukan tugas
tersebut.
Alat-alat output ini antara lain adalah :
·
Printer
·
Plotter
·
Card Punch
·
Dll.
Device-device yang kita sebutkan diatas adalah device-device yang
hanya berfungsi sebagai input saja ataupun sebagai outpu saja. Ada juga device-device lain yang bisa
berfungsi sebagai input dan sekaligus berfungsi sebagai outpu, antara lain :
·
Magnetic Tape Unit
·
Magnetic Disk Unit
·
Paper Tape Unit
·
Console
·
Display Unit
·
Card Read Punch
·
Dll
MEDIA
PENYIMPANAN
Media penyimpanan atau storage atau memori dapat dibedakan atas 2
bagian, yaitu :
-
Internal Storage ( Primary
Storage )
-
External Storage ( Secondary
Storage )
INTERNAL STORAGE
Internal Storage adalah storage yang terletak di dalam atau
berhubungan langsung dengan Control Processing Unit.
Storage ini terdiri dari :
·
Main Storage
·
General Storage
·
Control Register
·
Floating Point Register
·
Relocatable Control Storage
·
Buffer
EXTERNAL STORAGE
External Storage adalah storage yang terpisah atau tidak berhubungan
langsung dengan CPU misalnya Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
MEDIA PENYIMPANAN YANG
MUTAKHIR
MEMORI DAN MEDIA
Pada tahap pertama memori komputer berwujud ROM (Read Only Memory)
dan RAM (Random Access Memory). Kelemahannya, memori ini berbentuk chip, dan
terbatas kapasitasnya. Isi ROM memang tidak akan terhapus oleh matinya arus
listrik. Tetapi isi RAM akan terhapus bila listrik mati.
Sementara itu, dalam mengoperasikan komputer yang ingin agar
program, data dan hasil kerja komputer dapat direkam dan dapat diambil lagi
sewaktu-waktu. Oleh sebab itu muncul pemikiran perlunya dibuat media penyimpanan,
sebagai perpanjangan dari fungsi memori.
Media penyimpanan kini banyak jenisnya, contohnya adalah floppy
disk, hard disk , CD-ROM.
FLOPPY DISK
Floppy disk adalah media penyimpanan yang terbuat dari plastik
mylar. Plastik tipis ini dilapisi bahan magnetik dan dibungkus dalam sebuah
jaket plastik pula. Terdapat beberapa
ukuran disket, yaitu 8 inci, 5¼ inci dan 3½ inci.
HARD DISK
Hard disk disebut juga fixed disk. Tetapi istilah Fixed Disk menjadi
tidak tepat, karena kini sudah muncul Removable Hard Disk. Kata hard disk
menunjuk pada bahan disknya yang memang keras. Kalau floopy disk dibuat dari
plastik mylar, maka hard disk dibuat dari alumunium dan dilapisi bahan
magnetik.
Hard disk merupakan media penyimpanan yang paling handal. Keunggulan
hard disk dibanding floopy disk adalah pada kecepatann dan kapasitasnya. Dengan
bahan dasar yang kuat, maka hard disk dapat diputar lebih cepat. Demikian pula
lapisan magnetik lebih kompak dan padat.
CD-ROM
CD-ROM ( Compact Disk Read Only Media ) merupakan salah satu
terobosan baru dalam bidang media penyimpanan. Bahan piringan CD-ROM adalah
plat alumunium yang dilapisi bahan semacam chrome yang mengkilat. Disini tidak
dipakan bahan magnetik, melainkan bahan yang memantulkan cahaya.
Dibandingkan dengan hard disk, kecepatan kerja CD-ROM lebih lambat lima kali. Hal ini karena
cara pengalamatannya yang mirip dengan cara sekuensial.
CD-ROM tepat untuk digunakan dalam penyimpanan data yang sifatnya
permanen, misalnya data base perpustakaan, bank data dan lain-lain data yang
tidak terlalu sering di-update.
MENGENAL STRUKTUR DATA DAN
PENYAJIAN DATA DALAM KOMPUTER
Salah satu hal penting yang tidak dapat ditinggalkan dalam pemakaian
komputer adalah data. Data dapat diperoleh dari berbagai sumber. Ia dapat
diperoleh sebagai hasil pengukuran di laboratorium, dari hasil survei, angket
dan lain-lain. Dengan berbagai macam cara, data ditransformasi menghasilkan
informasi.
Informasi sangat penting, karena memberikan dasar bagi pembuatan
keputusan yang mantap dan ilmiah.
Dalam lembaga dan organisasi, baik bersifat komersial ataupun
industrial, bahkan organisasi yang bagaimanapun bentuknya, data dipandang
sebagai suatu kekayaan yang penting dan mahal. Memang, kadang-kadang data sulit
diperoleh.
Data yang kita miliki, terdiri dari berbagai jenis. Untuk mengelola
data yang bermacam-macam jenis tersebut secara baik guna menghasilkan informasi
pengetahuan mengenai struktur data.
STRUKTUR DATA
Struktur data adalah suatu koleksi/kelompok data yang dapat
dikarakterisasikan oleh organisasi serta operasi yang didefinisikan
terhadapnya.
Struktur data sangat penting dalam sistem komputer. Terhadap setiap
variabel dalam program, secara eksplisit atau implisit, didefinisikan struktur
data yang akan menentukan operasi-operasi yang berlaku terhadap variabel
tersebut.
Struktur data yang dibicarakan ini merupakan struktru data logik.
Bukan penyajian secara fisik pada storage.
Pada garis besarnya, data dapat kita kategorikan menjadi :
- Data Type :
·
Tunggal, misalnya : Integer,
Boolean serta karakter
·
Majemuk, misalnya : String
(untai).
Data type ini dengan berbagai cara tertentu dapat diorganisasikan
menjadi struktur data.
-
Struktur Data.
·
Sederhana, misalnya : Array dan
Record
·
Majemuk, terdiri atas :
-
Linier, misalnya : Stack,
Queue, Linear Linked List
-
Nonlinier, misalnya : Binary
Tree, Binary Search Tree, M-way Search Tree, General Tree, Graph.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar